RPS MATA KULIAH PENDIDIKAN ASWAJA



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SEKOLAH TINGGI ISLAM KENDAL (STIK)
TAHUN AKADEMIK 2019/2020


PRODI                                           : PAI
NAMA/KODE MATA KULIAH : ASWAJA
SEMESTER                                   :VII
JML SKS     : 2 SKS
DOSEN        : AHMAD SOLEKHAN, S.Ag,MM.
NIDN/NIDK: 06010067604

A.CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
:
a.       sikap
1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
b.      Pengetahuan
1.      Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
2.      Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan(agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
3.      Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
4.      Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.       ketrampilan
1.      Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
2.      Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

B. DISKRIPSI MATA KULIAH
: Aswaja merupakan salah satu mata kuliah muatan lokal Sekolah Tinggi Islam Kendal yang harus ditempuh oleh mahasiswa Semua Prodi. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami tentang Aswaja dalam rentang sejarah, ajaran-ajarannya, karakteristiknya, perkembangan pemikiran dan implementasinya di kehidupan sehari-hari termasuk berbangsa dan bernegara.

C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
( CPMK)
:
a.       sikap
1.      menunjukkan sikap religius berhaluan Aswaja
2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain sebagai keanekaragaman pemahaman Aswaja.
b.      Pengetahuan
1.      Menguasai pengetahuan tentang Paham Aswaja sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
2.      Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan(agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;dalam konteks pemahaman Aswaja
3.      Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam pemahaman Aswaja yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
4.      Menguasai secara mendalam karakteristik Aswaja dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.       ketrampilan
1.      Menunjukkan kemampuan berpaham Aswaja melalui literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja
2.      Mampu melaksanakan Ajaran Aswaja dalam ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.






MINGGU/
PERTEMUAN KE....
KEMAMPUAN AKHIR YANG
DIHARAPKAN
MATERI/
TEMA POKOK
METODE
PEMBELAJARAN
WAKTU
PEMBELAJARA
(MENIT)
PENGALAMAN
BELAJAR
MAHASISWA
INDIKATOR
DAN
KRITERIA
PENILAIAN
BOBOT NILAI
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1.     Pengertian Aswaja
Mahasiawa mampu memahami Pengertian Aswaja dalam perngertian etimologi dan terminologi.
Mahasiswa mampu menganalisis Pengertian Aswaja dalam perngertian etimologi dan terminologi.
Pengertian Aswaja dalam perngertian etimologi dan terminologi.
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide atau media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
2.      Aswaja dalam kajian historis dan perkembangannya
Mahasiswa mampu memahami Aswaja dalam kajian historis (Pada era Nabi dan Sahabat)
mahasiswa mampu mengalisis Aswaja dalam kajian historis (Pada era Nabi dan Sahabat)
Aswaja dalam kajian historis (Pada era Nabi dan Sahabat)
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
3.      Aswaja dalam kajian historis dan perkembangannya
Mahasiswa mampu memahami Aswaja dalam kajian historis (Pada era sahabat dan tabi’in, tabi’ittabiin)
Mahasiswa mampu mengalisis Aswaja dalam kajian historis (Pada era sahabat dan tabi’in, tabi’ittabiin)
Aswaja dalam kajian historis (Pada era sahabat dan tabi’in, tabi’ittabiin)
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
4.      Konsep Dasar Ahlussunnah wal jamaah
Mahasiswa mampu memahami Aswaja dalam kajian historis (Pada era sahabat dan tabi’in, tabi’ittabiin)
Mahasiswa mampu memberikan analisis dan klarifikasi tentang Sumber dasar ajaran Aswaja
Sumber dasar ajaran Aswaja
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
5.      Prinsip-Prinsip Aswaja dalam Aqidah dan Ibadah
Mahasiswa mampu membandingkan Karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham aqidah yang lain
Mahasiswa mampu mengalisis komparasi dengan paham-paham aqidah yang lain
Karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham aqidah yang lain
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
6.      Prinsip-proinsip Aswaja dalam Fiqih
Mahasiswa mampu memahami karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam fiqih, beserta hujjahnya.
Mahasiswa mampu menerapkan konsep fiqih Aswaja
karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam fiqih, beserta hujjahnya.
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
7.      Prinsip-proinsip Aswaja dalam Akhlaq dan sosial kemasyarakatan
Mahasiswa mampu memahami karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam akhlaq dan sosial kemasyarakatan
Mahasiswa mampu menerapkan ajaran Aswaja dalam akhlaq dan sosial kemasyarakatan
karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam akhlaq dan sosial kemasyarakatan
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
8.      Ujian Tengah Semester





Tes Tertilis
25 % dari akumulasi nilai
9.      Prinsip-prinsip Aswaja dalam kehidupan politis dan kenegaraan
Mahasiswa mampu memahami karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam kehidupan politis dan kenegaraan
Mahasiswa mampu menerapkan konsep Aswaja dalam kehidupan politis dan kenegaraan
karakteristik Aswaja dalam komparasi dengan paham-paham yang lain dalam kehidupan politis dan kenegaraan
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
10.  Konsep Bid’ah dalam pandangan Aswaja
Mahasiswa mampu memahami Konsep Bid’ah dalam Aswaja dan relevansinya dengan kerangka Ijtihad dan Istinbath hukum
Mahasiswa mampu menerapkan ajaran aswaja tentang hasil-hasil ijtihad dan istinbath hukum
Konsep Bid’ah dalam Aswaja dan relevansinya dengan kerangka Ijtihad dan Istinbath hukum
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
11.  Tradisi Aswaja dalam  berbagai kehidupan masyarakat muslim dan hujjah-hujjahnya
Mhasiswa mampu memahami konsep Tradisi Aswaja dalam Maulid Nabi, Khaul Auliya’, dan pembacaan sholawat-sholawat fadhilah.
Mahasiswa mampu mempraktikan tradisi Tradisi Aswaja dalam Maulid Nabi, Khaul Auliya’, dan pembacaan sholawat-sholawat fadhilah
Tradisi Aswaja dalam Maulid Nabi, Khaul Auliya’, dan pembacaan sholawat-sholawat fadhilah.
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
12.  Tradisi Aswaja dalam  berbagai kehidupan masyarakat muslim dan hujjah-hujjahnya
Mahasiswa mampu memahami konsep Tradisi Aswaja dalam Berziarah qubur, bersedekah kepada Mayyit, bertawassul dan bertabarruk .
Mahasiswa mampu mempraktikan Tradisi Aswaja dalam Berziarah qubur, bersedekah kepada Mayyit, bertawassul dan bertabarruk .
Tradisi Aswaja dalam Berziarah qubur, bersedekah kepada Mayyit, bertawassul dan bertabarruk .
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
13.  Tradisi Aswaja dalam  berbagai kehidupan masyarakat muslim dan hujjah-hujjahnya
Mahasiswa mampu memahami Tradisi Aswaja dalam cultur kearifan lokal beserta hujjahnya
Mahasiswa mampu mempraktikan Tradisi Aswaja dalam cultur kearifan lokal beserta hujjahnya
Tradisi Aswaja dalam cultur kearifan lokal beserta hujjahnya
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
14.  Perkembangan Aswaja di dunia era modern dan tantangannya dalam pergumulan paham global
Mahasiswa mampu memahami perkembangan Aswaja dalam dunia islam internasional tokoh-tokohnya,dan tantangannga dalam paham aqidah yang lain.
Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Aswaja dalam dunia islam internasional tokoh-tokohnya,dan tantangannga dalam paham aqidah yang lain.
perkembangan Aswaja dalam dunia islam internasional tokoh-tokohnya,dan tantangannga dalam paham aqidah yang lain.
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
15.  Perkembangan Aswaja di Indonesia dan Tokoh-tokohnya
perkembangan Aswaja di Indonesia dalam metamorfosis kelembagaannya,tokoh-tokohnya, dan kiprahnya dalam berbangsa dan bernegara.
Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Aswaja di Indonesia dalam metamorfosis kelembagaannya,tokoh-tokohnya, dan kiprahnya dalam berbangsa dan bernegara.
Perkembangan Aswaja di Indonesia dalam metamorfosis kelembagaannya,tokoh-tokohnya, dan kiprahnya dalam berbangsa dan bernegara.
-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
16.  Ujian Akhir Semester





Tes Tertulis
30 % dari akumulasi nilai

MATA KULIAH PENDUKUNG INTEGRASI
: Ibadah Aswaja, Fiqih, Ilmu kalam, Sejarah Peradaban Islam.
MODEL INTEGRASI
1.      appresiasi keragaman disiplin ilmu appreciation of various disciplines) yaitu : menghormati keragaman ilmu pengetahuan yang ada baik ilmu-ilmu agama maupun ilmu-ilmu lainnya sebagai sesuatu yang secara objektif berkembang secara alamiah dan ilmiah dan memiliki comfort zone (zona nyaman) masing-masing


2.      koeksistensi (coexistence), yaitu : menempatkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya untuk beroperasi sesuai dengan filsafat dan disiplin ilmu pengetahuan masing-masing tanpa curiga dan campur tangan, kecuali di area yang secara objektif dimungkinkan


3.      interaksi dialogis (dialogical interaction)yaitu: menempatkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya dalam interaksi dialogis yang terbuka dan konstruktif


4.      memanfaatkan teori/konsep/temuan dari disiplin ilmu-ilmu agama untuk digunakan dalam membingkai atau menafsirkan kajian dalam tradisi ilmu-ilmu lainnya atau sebaliknya yaitu : memanfaatkan teori yang diambil dari tradisi ilmu tertentu untuk digunakan dalam produksi ilmu
lainnya atau sebalikny

5.      (refining one’s scientific tradition by using other scientific traditions),yaitu : memperbaiki suatu tradisi keilmuan dengan menggunakan tradisi keilmuan lainnya
LEVEL INTEGRASI
1.      Intradisipliner mengintegrasikan berbagai mazhab/aliran dalam satu bidang ilmu
2.      Antardisipliner mengintegrasikan antara dua jenis disiplin ilmu, masing-masing mempertahankan metodologinya
DAFTAR REFERENSI
:
Ramli, Muhammad Idrus, Pengantar Ahlussunnah Wal-Jamaah,Surabaya, Khalista,2011.
Abbas, Sirajuddin, I’tiqad Ahlussunnah Wal-Jamaah, Jakarta, Pustaka Tarbiyah Baru, 2015.
Zuhri, Achmad Muhibbin, Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari, Surabaya, Khalista, 2010.
Muniron, Ilmu Kalam, Jember, Stain Jember Press, 2015.
Tim Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Risalah Ahlussunnah Wal-Jamaah, Surabaya, Khalista, 2012.
Ramli, Muhammad Idrus, Madzhab Al-Asy’ari, Surabaya, Khalista, 2009.
Ghazali, Adeng Muchtar, Perkembangan Ilmu Kalam, Bandung, CV Pustaka Setia, 2005.
Tim PWNU Jawa Timur, Aswaja An-Nahdliyah, Surabaya, Khalista, 2007.
Abidin, Zainal,Tanya Jawab Akidah Ahlussunnah Wal-Jamaah, Surabaya, Kalista, 2009.
Djazuli. 2011. Kaidah-kaidah Fikih. Jakarta: Prenada Media Group.
Harits, A. Busyairi. 2010.Islam NU Pengawal Tradisi Sunni Indonesia. Surabaya: Khalista.
Haidar,M. Ali. 1994.Nahdatul Ulama dan Islam di Indonesia Pendekatan Fikih dalam Politik.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Raouf, Abdul. 2010.NU dan Civil Islam di Indonesia. Jakarta Timur: PT. Intemedia Cipta Nusantara.
Santoso Kristeva, Nur Sayyid. 2014.Sejarah Teologi Islam dan Akar Pemikiran Ahlussunnah walJamaah. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Tholhah Hasan, Muhammad. 2005. Ahlussunnah wal Jamaahdalam Persepsi dan Tradisi NU. Jakarta: Lantabora Pers.


Kendal , 10 September .2019
Disusun oleh:
Diperiksa oleh:
Dosen Pengampu


Ahmad Solekhan, S.Ag,MM.
NIDN:0610067604
Penanggung jawab Keilmuan


Ahmad Solekhan, S.Ag,MM.
NIDN:0610067604
Ketua Program Studi


H.Suciptono, M.Pd.
NIDN:2123057102






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYEBARAN DAN PERKEMBANGAN ASWAJA HINGGA KE NUSANTARA